Mengenal Investasi ETF Di Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Perkembangan Investasi di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat. Hal ini didukung juga dengan adanya kemudahan dalam berinvestasi melalui hadir nya perusahaan fintech, dan keberagaman jenis produk investasi. Untuk kita yang ingin melakukan diversifikasi risiko, kita akan cocok untuk berinvestasi pada reksa dana. Namun, mengenal reksa dana saja ternyata belum cukup, karena masih ada alternatif jenis investasi lainnya, dan salah satunya adalah ETF.

ETF atau Exchange Traded Fund secara sederhana dapat diartikan sebagai Reksa Dana diperdagangkan di Bursa. Di Indonesia, secara formal ETF merupakan Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang Unit Penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia ,sehingga melalui investasi ETF kita dapat menggabungkan  manfaat-manfaat investasi dalam Reksa Dana dengan fleksibilitas transaksi pada saham.

Pada dasarnya, ETF sama dengan Reksa Dana pada umumnya, namun dengan keunggulan tambahan, yaitu  fleksibilitas jual beli, yang tidak bisa didapatkan dari reksa dana biasa. Seperti saham, ETF dapat diperjualbelikan melalui Bursa Efek Indonesia selama jam bursa berlangsung. Perdagangan ETF sendiri dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu pada pasar primer (melalui Dealer Partisipan) dan pada pasar sekunder (melalui Anggota Bursa manapun).

Sebagaimana hal nya reksa dana pada umumnya, ETF dikelola oleh Manajer Investasi dan diadministrasikan oleh Bank Kustodian. Di samping itu, pengelolaan ETF mendapatkan pengawasan berlapis dari Bursa Efek, KSEI, dan OJK.

ETF menjadi semakin populer karena ETF memiliki karakteristik berupa fleksibel dalam bertransaksi dan transparan yang mana kita dapat melihat seluruh komposisi portofolio dalam ETF  tersebut.

Perkembangan ETF di dunia sudah di mulai sejak tahun 1993. Sedangakan di Indonesia sendiri, ETF saham pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, yaitu Premier ETF LQ45 yang diluncurkan oleh PT Indo Premier Investement Management (IPIM). IPIM merupakan manajer investasi yang berfokus di pengelolaan produk Exchange Traded Fund (ETF) dan menjadi penyedia ETF terbesar di Indonesia.

IPIM sebagai pionir pembuat ETF selalu berusaha memberikan solusi investasi melalui keberagaman tema produk ETF yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Sampai dengan Maret 2021, sudah terdapat 22 Manajer Investasi dan 48 reksa dana ETF yang ada di Indonesia, dan 14 diantaranya dikelola oleh IPIM.

Ke depannya, IPIM akan selalu melayani kebutuhan masyarakat untuk berinvestasi dengan pemanfaatan kemudahan teknologi dan memberikan nilai tambah dalam jasa keuangan baik untuk perusahaan Indonesia maupun perusahaan multi nasional.