Invesklopedia

Sebagai bentuk dedikasi edukasi, kami mengenalkan anda lebih dekat pada dunia investasi di Pasar Modal Indonesia. Melalui pengenalan berbagai istilah, jenis produk Reksa Dana dan ETF. Agar anda dapat berinvestasi sesuai kebutuhan.

Investroduction

Pahami lebih jauh mengenai konsep investasi serta produk Reksa Dana & ETF sebagai salah satu instrumen investasi.

Investory

Cerita dan informasi terkini mengenai perkembangan dunia investasi, pasar modal, dan kondisi perekonomian Indonesia.

Cara Berinvestasi

Langkah-langkah memulai dan bertransaksi investasi bersama kami.

DAFTAR ISTILAH

A

Agen Penjual Reksa Dana (APERD)

adalah pihak berupa badan atau perusahaan yang telah memperoleh Surat Tanda Terdaftar sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana dari OJK.

AUM (Asset Under Management)

adalah total dana kelolaan pada reksa dana mengacu pada total nilai dari investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi.

B

Bank Kustodian (BK)

merupakan pihak yang bertugas mencatat dan mengadministrasikan aset yang terkumpul dalam Reksa Dana yang dikelola oleh Manajer Investasi. Bank Kustodian biasanya merupakan bank umum yang telah mendapat persetujuan OJK untuk menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai Kustodian, yaitu memberikan jasa penitipan efek dan harta lain yang berkaitan dengan efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

C

D

Dealer Partisipan

adalah Anggota Bursa yang bekerja sama dengan Manajer Investasi (MI) pengelola ETF (Exchange Traded Fund) untuk melakukan penjualan atau pembelian Unit Penyertaan ETF.

E

Efek

adalah barang yang didagangkan di Bursa Efek. Hal yang termasuk efek adalah surat-surat berharga seperti saham dan obligasi

ETF (Exchange Traded Fund)

adalah Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek. Meskipun ETF pada dasarnya adalah reksa dana, produk ini diperdagangkan seperti saham-saham yang ada di Bursa Efek. ETF merupakan penggabugan antara unsur reksa dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun beli.

F

Fund Fact Sheet

adalah laporan produk reksa dana yang diterbitkan oleh perusahaan manajer investasi yang berisi tentang kinerja produk reksa dana, informasi jumlah dana kelolaan, dan informasi portofolio. Fund fact sheet biasanya hanya 1 halaman dan berisi ringkasan tentang reksa dana.

G

H

I

J

K

Kontrak Investasi Kolektif (KIK)

adalah kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat Pemegang Unit Penyertaan, dimana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola porotofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan penitipan kolektif.

L

M

Manajer Investasi (MI)

adalah pihak yang dipercaya oleh investor untuk mengelola dana suatu reksa dana untuk diinvestasikan pada portofolio efek, seperti saham, obligasi dan instrument pasar uang, sesuai dengan kebijakan investasi yang telah ditentukan.

N

NAB (Net Aset Bersih)

adalah nilai pasar dari suatu efek dan kekayaan lain dari reksa dana dikurangi seluruh kewajibannya. NAB reksa dana dihitung dan diumumkan pada setiap hari bursa.

NAB/UP merupakan harga suatu reksa dana. Transaksi reksa dana dilakukan berdasarkan nilai tersebut. NAB/UP akan berubah setiap hari nya dan dipengaruhi oleh harga pasar dari reksa dana dan perubahaan dana kelolaan (asset under management).

O

P

Portofolio Efek
adalah kumpulan dari efek atau surat-surat berharga milik seseorang ataupun suatu badan.

Q

R

Reksa Dana

adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.

S

T

U

Unit penyertaan (UP)

adalah satuan ukuran yang menunjukkan bagian kepentingan setiap pihak dalam portofolio investasi kolektif. Investor yang membeli unit penyertaan disebut Pemegang Unit Penyertaan.

V

W

Wakil Agen Penjual Reksa Dana (WAPERD)

adalah orang yang telah memiliki izin untuk melakukan penjualan reksa dana.

X

Y

Z